17
Jun

Why I choose Physocology?

Posted by Shindy Paulina

Chalk board doodle with symbols on psychology. Vector illustrati

Berdasarkan sejarahnya, psikologi sebenernya berakar dari filosofi mengenai eksistensi manusia, dimulai dari tipe-tipe kepribadian manusia, serta bagaimana manusia berperilaku. ilmu psikologi pada awal pengembangannya masih suka kecampur-campur konsepnya dengan banyak hal lain, terutama filsafat non-empirik. Seiring berjalannya waktu, ilmu psikologi semakin terlepas dengan konsep-konsep lain dan menjadi disiplin ilmu mandiri yang memiliki definisi yang jelas, indikator, serta tolak ukur yang bisa dikuantifikasi.images

Pada dasarnya jurusan psikologi terbagi menjadi beberapa bagian, seperti: psikologi klinis, psikologi umum dan ekperimental, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan, dan psikologi perkembangan. Bagian-bagian psikologi tersebut membahas hal-hal yang berbeda, misalnya saja psikologi industri dan organisasi, bagian ini sering dikaitkan dengan MSDM atau HRD (Departement Sumber Daya Manusia) yang biasanya berkaitan dengan perekrutan pegawai dalam dunia perkantoran.

Psikologi sendiri meiliki fungsi sebagai ilmu, diantaranya:

1. Menjelaskan: Psikologi mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.

2. Memprediksikan: Psikologi mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.

3. Pengendalian: Psikologi juga harus mampu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya prevensi atau pencegahan, intervesi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan

Lalu mengapa saya memillih jurusan ini? Keunggulan apa yang dimiliki jurusan psikologi? Berikut penjelasannya:

  1. Dengan mempelajari psikologi, maka kita dapat mempelajari lebih banyak mengenai diri kita sendiri dan orang lain, sehingga kita mampu memahami mengapa seseorang melakukan hal-hal tertentu.
  2. Prospek kerja lulusan psikologi sangat bagus. Di Amerika Serikat, U.S. Department of Labour’s Bureau of Labor Statistics, profesi psikologi diharapkan tumbuh hingga 12%¬† sampai tahun 2018.
  3. Sebagai lulusan jurusan psikologi, saya sendiri berharap kedepannya mampu membuat perubahan dalam kehidupan masyrakat dengan membantu orang-orang yang mengalami kesulitan, meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan membantu mengenali potensi diri mereka.
  4. Tentu saja dengan menjadi lulusan dari jurusan psikologi menjadikan kita seorang yang memiliki kemampuan analisa yang kuat dan mampu membuat kumpulan data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
  5. Lulusan psikologi memiliki ruang lingkup profesi, seperti: bagian HRD, ahli psikometri, ahli riset, konsultan psikologi, ataupun ahli intervensi sosial.

Source: disini

Leave a Reply