17
Jun

TR. Sengkaling dan Sengkaling Kuliner

Posted by Shindy Paulina

taman-rekreasi-300x225

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan salah satu wisata yang ada di kota Malang, terletak di Jalan Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Luas keseluruhan Taman Rekreasi Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar di antaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. Taman Rekreasi Sengkaling juga mempunyai berbagai fasilitas yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata yang lain, contohnya adalah terdapat wisata air, yang seluruh airnya berasal dari sumber alami. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercayai bisa membuat orang awet muda dan sampai sekarang masih banyak masyarakat yang mempercayainya.

Taman Rekreasi Sengkaling ini pertama kali didirikan oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950 dan sempat dikelola oleh Mochtar warga dari Padang. Ketika dikelola Mochtar, Sengkaling selalu tutup pada hari Jumat. Sejak tahun 1975 sampai sekarang, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling ini diambil alih oleh PT. Bentoel Group dan dikelola oleh PT. Taman Bentoel. PT. Taman Bentoel, merupakan salah satu anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Dahulu pada awal beroperasinya, Taman Rekreasi Sengkaling ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel. Namun  semakin berkembangnya zaman Taman Rekreasi Sengkaling dibuka untuk umum hingga sekarang. Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB dengan biaya masuk mulai dari Rp. 25.000 sampai Rp.45.000.

kios-stand-kuliner-sekulTidak hanya tampat untuk bersenang-senang, Taman Rekreasi Sengkaling ini juga meiliki Sengkaling Kuliner (SEKUL) atau yang biasa disebut Sengkaling Food Festival (SFF). SEKUL ini merupakan ikon wisata baru di Kota Malang, dengan konsep penggabungan Wisata Kuliner dengan Taman Rekreasi, didukung pengaturan Site Plan , Desain Gedung , Penataan Outlet dan Lighting System sehingga memberikan kesan “wah” bagi para pengunjung.

SEKUL ini merupakan pusat kuliner terbesar di Jawa Timur, sehingga sudah pastinya memiliki area parkir kendaraan yang luas dan pastinya juga mampu menampung ratusan kendaraan pengunjung. Tidak hanya area parkir yang luas, SEKUL juga menyediakan ratusan tenant yang menyajikan beragam menu berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan , mulai keluarga , pelajar dan mahasiswa , pelajar dan para wisatawan. Selain kuliner , SEKUL juga menyediakan tenant yang menjual makanan/minuman khas Malang yang dapat dijadikan oleh – oleh, serta terdapat butik yang menjual pakaian bermerek dan berkualitas . SEKUL sangat tepat dijadikan sebagai tempat hang out , meeting point, kongkow dan kumpul dengan keluarga , teman maupun kolega.

SEKUL buka setiap hari mulai pukul 16.00 s/d 23.00 WIB , kecuali hari Sabtu dan Minggu SEKUL buka mulai pukul 12.00 s/d 23.00 WIB. Tujuan dibangunnya SEKUL ini sendiri adalah untuk mengubah pikiran masyarakat bahwa Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) selalu membenahi mutunya dan kualitasnya seiring dengan perkembangan pariwisata Malang. TRS akan bertransformasi berubah menjadi taman rekreasi yang moderen , yang akan kembali menjadi tempat tujuan utama para wisatawan Malang dan Jawa Timur.

Source:

-TRS

Sekul

Leave a Reply