17
Jun

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Posted by Shindy Paulina

Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan umat manusia dalam dunia yang semakin“sempit” ini. Semua ini dapat dipahami, karena teknologi memegangperan amat pperkembangan-teknologienting di dalam kemajuan suatu bangsa dan negara di dalam percaturan masyarakat internasional yang saat ini semakin global, kompetitif dan komparatif. Bangsa dan negara yang menguasai teknologi tinggi berarti akan menguasai “dunia”, baik secara ekonomi, politik, budaya, hukum internasional maupun teknologi persenjataan militer untuk pertahanan dan keamanan negara bahkan kebutuhan intelijen.

Perkembangan teknologi informasi kini berkembang sangat cepat, seiring dengan perubahan yang terjadi pada dunia dewasa ini. Dahulu untuk mengetik saja harus menggunakan mesin ketik manual. Televisi yang dinikmati juga bukan televisi berwarna melainkan hitam putih. Dan ahli-ahli intelektual pada zaman Renaissance membuat berbagai perubahan dengan menciptakan alat-alat yang dapat membantu manusia. Lampu ditemukan oleh Thomas Alfa Edison, telepon oleh Alexander Graham Bell, Mesin uap oleh James Watt, Nuklir oleh Marie Curie, Pesawat terbang oleh Wright bersaudara maka muncullah revolusi industri di Inggris pada tahun 1840-an, dimana tenaga manusia dapat digantikan oleh mesin. Dari sinilah awal mula perkembangan teknologi dimulai.

Perkembangan iptek dunia yang sangat cepat telah dan akan mempengaruhi lingkungan strategis nasional. Hingga tahun 2025, diperkirakan negara-negara maju masih terus akan mendominasi inovasi iptek. Hal ini terutama imagedidukung oleh sistem pendidikan, infrastruktur komersial, sarana dan prasarana penelitian serta dana yang besar. Saat ini, dana litbang Amerika Serikat yang sekitar 40% dari dana litbang komersial dan publik yang dikeluarkan oleh seluruh negara-negara maju. Pengeluaran litbang diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan dana yang besar dan infrastruktur yang kuat, tidak dipungkiri lagi bahwa negara-negara maju akan terus mendominasi inovasi iptek. Meskipun demikian, negara-negara baru seperti Cina dan India akan segera menyusul, terutama di bidang-bidang yang lebih spesifik, seperti bioteknologi dan teknologi informasi dan komunikasi. Di Indonesia sendiri perkembangan IT cukup membanggakan dengan semakin banyaknya pengakses internet. Indonesia masuk lingkaran 15 besar dunia dalam kategori pengakses internet terbanyak. Di tingkat Asia, Indonesia masuk 5 besar. Urutan pertama adalah China (298 juta), disusul Amerika Serikat (228 juta), dan Jepang (94 juta). Dengan fakta seperti itu sebenarnya Indonesia mampu menjadi negara yang maju terutama dalam bidang IT. Namun kenyataannya, Indonesia masih belum mampu menjadi bangsa yang seperti kita harapakan. Karenanya masih banyak yang perlu diperbaiki didalamnya terutama penemuan ataupun pengembangan IT, bukan sekedar menggunakan IT yang telah ada.

Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini sangatlah pesat, mulai  dari perkembangan teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh suatu bangsa sampai perkembangan teknologi informasi dari televisi, komputer, internet, telepon seluler, bahkan sampai teknologi yang penyebarannya menggunakan hyper space yang berkembang dalam ruang semu seperti video game, microprocessor, VCD, MP3, Ringback tone, dan lain sebagainya.

Source: disini

Leave a Reply